Kantor Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Rambat Menduyung bersama Polres Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penanaman bibit untuk menjaga kelestarian mangrove di pesisir Tanjunglaut, Mentok.

"Penanaman bibit pohon jenis rhizaphora pucuk hijau ini kami lakukan untuk menjaga kelestarian mangrove yang berada di pesisir pantai tersebut, kami berharap ke depan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar," kata Kepala Kantor KPHP Rambat Menduyung, Tanaim di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan pada gerakan menanam untuk hutan lestari yang dilakukan bersama Polres Bangka Barat dan TNI tersebut berhasil menanam sekitar 3.000 bibit rhizaphora pucuk hijau di sepanjang bibir pantai Tanjunglaut, Mentok.

"Kami berharap nantinya tanaman ini akan tumbuh dan mampu menahan ombak sehingga tidak terjadi abrasi," katanya.

Kapolres Bangka Barat, AKBP Fedriansah mengatakan akan selalu mendukung upaya penghijauan di seluruh wilayah hukum Polres setempat sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan.

"Ini bagian dari program Polri peduli penghijauan, kami juga telah melakukan kegiatan sejenis di Polsek jajaran," katanya.

Menurut dia, pesisir Tanjunglaut merupakan daerah yang cukup rawan terjadi abrasi sehingga perlu dilakukan tindakan cepat agar tidak semakin rusak.

Selain mampu menahan ombak masuk ke daratan, pohon yang ditanam diharapkan bisa mengembalikan ekosistem di pantai tersebut sehingga akan menjaga kelestarian lingkungan.

"Mudah-mudahan mangrove ini cepat tumbuh sehingga bisa membantu mencegah abrasi, selain itu mangrove akan semakin indah dan hijau," kata Fedriansah.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021