Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat angka kasus penyebaran COVID-19 menurun dari ditemukan 19 kasus Minggu (13/6) dan hari ini hanya 13 kasus atau 220 orang masih menjalani isolasi.

"Kita berharap angka sebaran kasus terus menurun sehingga wilayah Kabupaten Bangka segera kembali ke zona aman dari kasus COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Senin.

Mulai turunnya angka kasus virus corona itu menurut dia masyarakat di daerahnya sudah mulai memahami pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

"Tim kesehatan maupun Satgas, TNI, Polri dan tenaga relawan yang tergabung dalam tim Yustisi terus memaksimalkan sosialisasi penerapan prokes langsung ke masyarakat terutama di tempat yang banyak dikunjungi masyarakat," jelas Boy Yandra.

Boy Yandra mengakui, sempat terjadi lonjakan kasus COVID-19 pada bulan Mei 2021 atau tepat setelah perayaan lebaran yang mencapai ratusan kasus, persoalan ini diduga terjadinya kerumunan saat sebagian masyarakat merayakan Idul Fitri.

Disiplin menerapkan protokol kesehatan adalah satu-satunya langkah awal yang dinilai efektif mencegah penyebaran COVID-19 yang sudah merata di wilayah kecamatan di semua jenjang umur.

Sampai dengan saat ini berdasarkan data informasi COVID-19 Kabupaten Bangka, tercatat angka akumulasi COVID-19 mencapai 4.334 orang, 4.040 pasien dinyatakan sembuh serta terdapat 74 pasien COVID-19 meninggal dunia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021