Satgas Penanganan COVID-19 Kepulauan Bangka Belitung menyatakan 15 wisma karantina pasien COVID-19 di Bangka Tengah sudah penuh karena tingkat kesembuhan pasien lebih rendah dibandingkan dengan kasus baru orang terpapar virus corona jenis baru itu.

"Hari ini sebanyak 26 kamar di 15 rumah khusus untuk isolasi pasien COVID-19 di Bangka Tengah sudah penuh," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan saat ini jumlah pasien COVID-19 yang diisolasi di 15 wisma karantina Kabupaten Bangka Tengah sudah mencapai 74 orang dengan rincian 62 pasien positif terkonfirmasi COVID-19 dan 12 orang pasien berstatus suspek virus corona itu.

"Dalam kondisi wisma di Bangka Tengah sudah penuh ini, kita terpaksa mengalihkan pasien baru ke wisma karantina di kabupaten lainnya yang masih cukup memadai," katanya.

Ia menjelaskan berdasarkan data terbaru pada Sabtu (26/6) malam, jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani karantina 845 orang tersebar Kota Pangkalpinang 239 orang, Kabupaten Bangka (169), Bangka Tengah (123), Bangka Barat (98), Bangka Selatan (29), Belitung (123), dan Belitung Timur (64).

"Kita terus berupaya menambah wisma karantina pasien COVID-19, mengingat ketidakdisiplinan pasien yang dinyatakan positif COVID-19 untuk menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumahnya," katanya.

Ia mengemukakan penanganan pandemi COVID-19 membutuhkan kerja sama semua pihak.

"Tidak bisa tidak, penanganan COVID-19 membutuhkan kerja sama, sinergi, dan kolaborasi dari semua unsur dan komponen masyarakat. Tanpa itu, upaya dalam mengatasi pandemi ini terutama dalam mengendalikan COVID-19 tidak akan berhasil dan maksimal," katanya.

Ia mengatakan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan cara paling sederhana dan mudah, serta murah agar tidak terpapar COVID-19.

"Ini merupakan tanggung jawab kita sebagai sesama warga masyarakat, sehingga penularan dan penyebaran COVID-19 tidak meluas dan menjadi masif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021