Pemerintah Kabupaten Bangka Barat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan penyuluhan protokol kesehatan selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 untuk mengendalikan penularan COVID-19 di wilayahnya.

"Kami akan mendorong seluruh Satgas di tingkat kecamatan untuk memberikan dukungan dalam penyuluhan (mengenai) pentingnya menjalankan protokol kesehatan secara disiplin agar bisa berhasil mengakhiri masa PPKM Level 4 tepat waktu dan tidak perlu diperpanjang," kata Ketua Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Sidharta Gautama di Mentok, Rabu.

Ia mengemukakan pentingnya disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan selama pemerintah melaksanakan PPKM level 4 untuk mengendalikan penularan COVID-19.

"Pemahaman dan kesadaran warga harus ditingkatkan, Satgas Kecamatan dibantu para camat dan kepala desa perlu segera turun ke lapangan memberikan informasi mengenai pemberlakuan PPKM level 4 dan melakukan pendekatan agar warga patuh, sadar, dan disiplin menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Ia mengingatkan seluruh aparat pemerintah agar menggunakan pendekatan persuasif dalam menegakkan protokol kesehatan dan ketentuan mengenai PPKM Level 4.

"Kami minta semua yang ada di kecamatan harus bergerak cepat dalam sosialisasi dengan tegas tapi humanis jangan sampai memicu kericuhan dalam melakukan edukasi seperti tempat hiburan, toko, pasar, dan tempat lainnya," katanya.

Selain menggiatkan penyuluhan protokol kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melanjutkan pelaksanaan pelacakan, pemeriksaan, dan penanganan kasus serta pelayanan vaksinasi dalam upaya menanggulangi penularan COVID-19.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021