Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempercepat penanganan pemulihan perekonomian masyarakat dengan memperkuat usaha kecil dan menengah.

"Percepatan pemulihan ekonomi masyarakat terdampak penyebaran COVID-19 menjadi fokus penanganan utama terutama pada sektor usaha kecil dan menengah," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Selasa.

Dikatakan, berbagai program pencepatan pemulihan ekonomi masyarakat pada sektor tersebut dari mulai penyediaan usaha, bantuan sarana usaha sampai kemudahan pinjaman permodalan usaha termasuk layanan pendampingan.

"Bantuan sarana usaha sampai dengan kemudahan pinjaman permodalan usaha melalui bank yang ditunjuk sebagai upaya strategi percepatan dan peningkatan pengembangan usaha kerakyatan," jelas bupati.

Bupati mengakui meskipun pandemi COVID-19 yang terjadi hampir dua tahun, sektor usaha masyarakat skala mikro dan menengah di daerahnya sudah mulai bangkit dengan dibuktikan berdirinya sejumlah usaha masyarakat seperti warung kopi, usaha kuliner serta usaha rumah tangga lainnya.

"Layanan pendampingan usaha melalui lembaga terkait terus dilakukan termasuk juga diberikan pembinaan dan pelatihan pelaku usaha masyarakat," katanya.

Pelaku usaha skala mikro dan menengah kata bupati, diberikan pembekalan materi peningkatan pengembangan usaha mulai dari menjaga kualitas usaha sampai dengan akses pemasaran produk di era digitalisasi.

"Saya mendorong pelaku usaha masyarakat tetap semangat dan terus mengembangkan kreativitas agar usaha yang dikelolannya dapat maju serta mampu bersaing di pasar," ujarnya.

Menurutnya, penanganan percepatan sebaran kasus COVID-19 dilakukan pihaknya bersamaan dengan peningkatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

"Penanganan COVID-19 tidak dapat dipisahkan dengan mempercepat memulihkan ekonomi usaha masyarakat," kata Mulkan.

Dia optimis, ekonomi masyarakat skala kecil dan menengah di daerahnya akan kembali normal dan tumbuh dengan baik seperti sebelum terjadinya pandemi COVID-19.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021