Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, akan menggelar lomba maskot dan jingle Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

"Lomba ini terbuka untuk umum, kami harapkan akan banyak kreasi masyarakat yang bisa ditampung sehingga bisa mendapatkan maskot dan jingle ideal yang bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Desember 2015," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Yulizar di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, bentuk maskot bisa berbentuk manusia, binatang atau objek lainnya yang dapat menggambarkan kekhasan Kabupaten Bangka Barat dan bisa membangkitkan atau mengajak masyarakat berpartisipasi dalam Pilkada 2015.

Menurut dia, lomba tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan kembali semangat dan menggugah kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi menentukan pimpinan daerah sekaligus mewujudkan pemilu yang jujur, adil, sehat dan berbudaya.

"Kami berharap maskot dan jingle ini bisa ikut mewujudkan Pilkada yang demokratis dan berkualitas sekaligus mempresentasikan Bangka Barat," kata dia.

Ia mengatakan, maskot dan jingle harus singkat dan padat serta tidak mengandung unsur pornografi dan suku, agama, ras dan antargolongan.

Ia menambahkan, peserta boleh mengirimkan lebih dari satu karya asli dan orisinilnya yang dapat dipertanggungjawabkan, dan belum pernah dipublikasikan atau diikutsertakan dalam lomba apapun.

"Nantinya maskot dan jingle akan dipergunakan dalam setiap kegiatan sosialisasi KPU Bangka Barat untuk kepentingan Pilkada 2015," kata Komisioner Divisi Sosialisasi dan hubungan antarlembaga tersebut.

Yulizar mengatakan, lomba yang terbuka untuk umum tersebut menyediakan hadiah jutaan rupiah, piala dan piagam penghargaan.

"Kami berharap maskot dan jingle tersebut mampu meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2015 yang kami targetkan mencapai lebih dari 80 persen," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015