Satuan Gugus (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak total 38 bayi di daerah itu terpapar COVID-19 tersebar disejumlah wilayah kecamatan.

"Sejak munculnya kasus virus jenis baru corona di Kabupaten Bangka hampir dua tahun lamanya, sebanyak 38 bayi diketahui terpapar COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Kamis.

Puluhan bayi usia dibawah satu tahun yang terkonfirmasi positif COVID-19, kata Boy Yandra berdasarkan hasil penelusuran, pelacakan dan pengujian laboratorium tim kesehatan saat terjadi temuan kasus COVID-19 disuatu tempat.

Selain puluhan bayi yang terpapar COVID-19 kata dia, terdapat juga 343 balita positif COVID-19, angka kasus pada balita mengalami penambahan hari ini sebanyak dua balita.

"Sebaran kasus baik pada bayi maupun balita, umumnya terinfeksi dari orang tuanya atau orang terdekat yang terlebih dahulu diketahui positif COVID-19," jelasnya.

Dia menekankan seluruh orang tua atau anggota keluarga lainnya jika dalam kondisi positif COVID-19 dan memiliki bayi atau balita hendaknya untuk sementara di pisahkan guna mencegah sebaran kasus pada anaknya.

"Ketika ada salah satu anggota keluarga yang positif COVID-19 hendaknya segera minta dilakukan isolasi terpusat atau di rumah sakit untuk menghindari sebaran lebih banyak di anggota keluarga lainnya," jelasnya.

Baik balita maupun bayi yang terkonfirmasi positif kata Boy Yandra, masih ada sejumlah anak yang dalam proses pemulihan kesehatan di rumah sakit atau di balai isolasi.

Berdasarkan data berkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka sampai hari ini, total kasus sebanyak 8.944 kasus, 7.976 sembuh dan 315 pasien meninggal dunia.

"Angka kematian pasien COVID-19 hari ini diketahui nihil dan diharapkan tidak terjadi angka kematian, angka kesembuhan juga diharapkan meningkat dan angka sebaran kasus menurun," kata Boy Yandra yang menjabat Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Bangka.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021