Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat kasus aktif COVID-19 yang saat ini pasiennya wajib menjalani isolasi dan perawatan sebanyak 107 orang.

"Dalam tiga pekan terakhir kita sudah cukup mampu mengendalikan penularan dan warga semakin patuh menjalankan protokol kesehatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Bangka Barat, Minggu.

Putra menjelaskan sebanyak 107 orang warga yang masih wajib isolasi dan perawatan tersebut termasuk sembilan orang yang hari ini dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, yang berasal dari Mentok lima orang, Jebus tiga dan Parittiga satu orang.

Hai ini juga tercatat adanya penambahan jumlah pasien sembuh dari COVID-19 atau selesai menjalan masa karantina sebanyak 15 orang, berasal dari Kecamatan Mentok tiga orang, Jebus satu, Parittiga satu, Kelapa dua dan Tempilang delapan orang.

Dengan adanya tambahan tersebut, selama pandemi COVID-19 berlangsung jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 5.109 orang dari total 5.340 kasus yang ditemukan di Bangka Barat.

"Sampai saat ini total pasien sembuh mencapai 95,7 persen dari jumlah kasus," ujarnya.

Putra Kusuma mengajak warga tetap waspada penularan virus dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dan aturan yang diterapkan selama PPKM berlangsung, serta mengikuti program vaksin COVID-19 yang saat ini semakin mudah didapatkan di kecamatan masing-masing.

"Gerai serbuan vaksinasi COVID-19 tidak hanya di unit pelayanan kesehatan, namun saat ini petugas vaksinator terus bergerak di desa-desa dan sekolah-sekolah untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok," kata Putra menambahkan.

Pada Senin (20/9) direncanakan pelayanan vaksinasi COVID-19 digelar di 21 lokasi di seluruh kecamatan dengan menyiapkan sebanyak 4.014 dosis vaksin, baik untuk dosis pertama maupun kedua.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021