Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah kasus aktif COVID-19 di daerah itu hingga, Minggu (26/9) masih tersisa sebanyak 66 kasus.

"Berdasarkan "update" data perkembangan dan penanganan COVID-19 dilaporkan bahwa kasus aktif masih tersisa sebanyak 66 orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Belitung, Joko Sarjono di Tanjung Pandan, Minggu. 

Menurut dia, jumlah kasus COVID-19 di daerah itu sejak Maret 2020 sebanyak 7.578 orang, sembuh 7.283 orang dan meninggal dunia sebanyak 229 orang. 

Ia mengatakan, dari 66 kasus aktif COVID-19 tersebut, 13 orang diantaranya menjalani perawatan di RSUD Marsidi Judono Belitung, tujuh orang di pusat karantina COVID-19 SKB Tanjung Pandan. 

Selanjutnya sembilan orang menjalani perawatan di Pusat Pemulihan Karantina Mandiri (PPKM) Akil Ali dan 37 orang menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan Dinkes setempat. 

"Jumlah kasus positif harian saat ini memang sudah mengalami penurunan. Namun kami ingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya. 

Dirinya mengimbau, bagi masyarakat yang belum mengikuti vaksinasi COVID-19 agar segera mendaftarkan diri di fasilitas pelayanan kesehatan dan gerai vaksinasi setempat. 

"Karena vaksinasi COVID-19 saat ini sangat penting untuk mewujudkan kekebalan kelompok," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021