Mengantisipasi kekeringan air saat musim kemarau nanti, PT Timah Tbk menyerahkan satu set sumur bor bagi warga Desa Kayu Besi, Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (5/10/2021).

Saat ini, air menjadi permasalahan bagi warga lantaran sumber air yang dimiliki warga kurang layak akibat dari kurang dalamnya pengeboran air. Hal ini pun kerap menjadi keluhan warga. 

Kepala Desa Kayu Besi Yohanes Tamaela mengatakan, sumber air yang didapat oleh warga sekitar bersumber dari pengeboran yang kurang dalam. 

"Padahal air yang bagus untuk digunakan serta juga aman dikonsumsi merupakan air yang berasal dari pengeboran yang dalam. Air yang bersumber dari tanah dengan pengeboran yang dangkal, akan menghasilkan air yang berwarna kuning serta cenderung mengandung karat yang mana dapat membahayakan kesehatan warga," katanya. 

Untuk itulah dirinya merasa senang, masyarakat Desa Kayu Besi mendapatkan bantuan sumur bor dari PT Timah Tbk. Ia menyebutkan, sumur bor ini bisa menjangkau dua Rukun Tetangga (RT) di Desa ini. 

"Dalam kesempatan kali ini saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PT timah Tbk telah memberikan bantuan khususnya untuk masyarakat Kayu Besi yang telah membangun satu unit sumur bor untuk mengatasi kesulitan air di lingkungan sekitar," katanya.

"Bantuan ini telah mempermudah masyarakat dalam hal air dalam kebutuhan sehari-hari jadi masyarakat kayu besi," sambung Yohanes.

Sementara itu, Perwakilan dari Kecamatan Namang Darmansyah mengapresiasi bantuan dari PT Timah Tbk bagi warga kayu besi. Hal in juga sejalan dengan program pemerintah untuk menyiapkan air bersih bagi masyarakat. 

"Kami dari pihak pemerintah, khususnya kecamatan Namang mengucapkan terima kasih kepada PT Timah yang telah memberikan CSR nya berupa satu paket  sumur bor. Memang salah satu program pemerintah, kebutuhan masyarakat selain kebutuhan pokok, tetapi juga air bersih," sebutnya. 

Untuk itu, Ia mengimbau agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara sumur bor ini. Menurutnya, jika hanya bergantung kepada pemerintah, kegiatan ini akan susah untuk direalisasikan karena keterbatasan anggaran.

Salah satu warga Desa Kayu Besi, Sustini (45) menyampaikan apresiasinya atas bantuan.

"Ya senanglah jadi gampang ngambil air," katanya. 

Sebelumnya, baru-baru ini PT Timah Tbk juga telah menyerahkan dua unit sumur bor kepada masyarakat di Desa Mapur Kabupaten Bangka.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021