Polres Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memfasilitasi pemberian vaksinasi COVID-19 kepada warga disabilitas atau berkebutuhan khusus, guna mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok di daerah itu.

"Kami bersama tim juru vaksin telah mendatangi sejumlah warga disabilitas di rumah masing-masing untuk memudahkan mereka mendapatkan pelayanan vaksinasi COVID-19 gratis dari pemerintah," kata Wakapolres Bangka Barat Kompol Johan Wahyudi di Mentok, Jumat.

Pelayanan vaksinasi kepada warga disabilitas itu dilaksanakan di seluruh polsek jajaran dengan melibatkan tim juru vaksin dan dinas kesehatan agar pelayanan sesuai dengan prosedur.

"Sebelumnya warga berkebutuhan khusus tersebut dilakukan pendataan oleh para personel bhabinkamtibmas bersama petugas pemerintah desa setempat dengan mendatangi langsung keluarga untuk memastikan kondisi riil para calon penerima vaksin," katanya.

Dalam proses pendataan tersebut juga dilakukan verifikasi kepada keluarga atau pendamping untuk memastikan calon penerima vaksin memang memiliki keterbatasan untuk mengakses lokasi gerai vaksinasi.

Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak menerima vaksin COVID-19, para warga berkebutuhan khusus tersebut kemudian disuntik vaksin dosis pertama dan dijadwalkan untuk menerima dosis kedua.

"Terakhir kegiatan pelayanan vaksinasi kepada warga berkebutuhan khusus kami laksanakan di Polsek Kelapa dengan melibatkan bhabinkamtibmas dan petugas Puskesmas Kelapa," katanya.

Kepala Polsek Kelapa Iptu A. Pulungan mengatakan vaksinasi diberikan bukan hanya kepada warga berkebutuhan khusus, namun juga kepada warga lanjut usia yang memiliki keterbatasan untuk datang ke gerai vaksinasi yang sudah disediakan di tingkat desa atau di Puskesmas Kelapa.

"Kami datang langsung dari rumah ke rumah warga yang sebelumnya sudah kami data, mereka cukup antusias dan gembira bisa mendapatkan layanan tersebut," katanya.

Ia berharap, pemberian vaksin kepada para warga lanjut usia dan kelompok disabilitas ini bisa menjadi contoh warga lain agar tidak takut divaksin.

Selain kegiatan tersebut, hari ini tim juru vaksin Kabupaten bangka Barat menggelar pelayanan vaksinasi di 20 gerai yang tersebar di seluruh kecamatan, baik yang berada di unit pelayanan kesehatan maupun tim bergerak.

Sebanyak 3.868 dosis vaksin telah disiapkan untuk masyarakat umum dan kelompok usia 12 hingga 18 tahun, baik calon penerima vaksin dosis pertama maupun dosis kedua.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021