Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk menggencarkan edukasi dan mengajak warga agar ikut menyukseskan vaksinasi COVID-19.

"Kami berharap para mahasiswa yang saat ini belum bisa kembali ke kampus masing-masing dan masih berada di Bangka Barat ikut proaktif memberikan edukasi dan penyuluhan agar warga paham pentingnya mendapatkan vaksinasi untuk membentuk kekebalan kelompok," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang berasal dari Bangka Barat saat ini sudah membentuk organisasi dan sering terlibat dalam berbagai kegiatan sosial.

Hal tersebut dinilai positif untuk memberikan kegiatan yang baik dan membangun kepekaan sosial generasi muda dan peran aktif para pemuda dalam pembangunan daerah itu, terutama di tengah pandemi COVID-19.

"Kami berharap mereka juga ikut terjun ke lapangan untuk memberikan edukasi sehingga bisa membantu mempercepat kegiatan vaksinasi dan pembangunan yang ada di Bangka Barat," ujarnya.

Menurut dia, generasi milenial potensial sebagai agen perubahan dan cocok untuk membuat kegiatan sosialisasi yang sesuai kebutuhan saat ini, misalnya membuat karya video untuk edukasi warga yang nantinya diunggah melalui berbagai media sosial.

Dengan peran aktif seluruh elemen masyarakat, diharapkan kegiatan "Serbuan Vaksinasi COVID-19" di daerah itu bisa terealisasi lebih cepat sehingga kegiatan masyarakat bisa menuju normal dan perekonomian bangkit kembali.

Berdasarkan data Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, hingga saat ini vaksinasi COVID-19 dosis pertama sudah diberikan kepada 88.513 orang atau 56,04 persen dari 157.934 sasaran, sedangkan untuk dosis kedua sudah diberikan kepada 42.270 orang atau 26,76 persen dari total sasaran.

Wakapolres Bangka Barat Kompol Johan Wahyudi mengingatkan seluruh personel Polri di daerah itu untuk aktif membawa warga ke tempat gerai vaksin terdekat.

"Kita ingin segera membentuk kekebalan komunal di daerah ini agar nantinya perekonomian bisa kembali tumbuh dan masyarakat beraktivitas menuju normal kembali," katanya.

Dia meminta seluruh personel Polres Bangka Barat bersama polsek jajaran dan para bhabinkamtibmas untuk terus mengajak warga ikut menyukseskan vaksinasi COVID-19.

"Saya imbau untuk bisa menemui warga dari rumah ke rumah dan ajak mereka ikut vaksinasi COVID-19, bila menemui kendala karena akses jauh atau tidak memiliki kendaraan untuk mencapai gerai vaksin, bisa dijemput langsung atau bawa tim vaksinator ke rumah warga," katanya.

Selain itu, kata dia, seluruh personel juga perlu terus disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, meskipun sudah menerima vaksinasi guna melindungi diri atau sebagai penular virus.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021