Koba (Antara Babel) - Universitas Bangka Belitung (UBB) mendorong pemerintah daerah mengembangkan budaya dan sejarah yang ada di daerah itu dengan menggali potensi yang ada.

"Kami tentu dari pihak akademisi membantu pemerintah daerah, terutama fokus kami menggali potensi budaya dan sejarah yang ada," kata Rektor UBB Prof Dr Bustami Rahman dalam siaran persnya di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, saat ini Kabupaten Bangka Barat sudah menjalin kerja sama dengan UBB untuk menggali potensi sejarah dan budaya yang ada di kabupaten itu.

"Kebetulan saat ini baru Bangka Barat yang sudah menjalin kerjasama dengan kami, tentu kami menyambut baik hal ini," ujarnya.

Ia mengatakan, di UBB memiliki tenaga baik dosen dan mahasiswa yang bisa melakukan penelitian terkait kebudayaan dan sejarah di suatu daerah.

"Daerah ini memiliki khasanah budaya dan seajarah yang masih terpendam, terutama sejarah pada penjajahan dan kerajaan," ujarnya.

Menurut dia, ini potensi suatu daerah yang bisa dikembangkan jika benar-benar digali dan diteliti dengan baik.

"Di Bangka Belitung ini tidak hanya dikenal dengan eksotis alam pantai saja, tetapi juga memiliki sejarah dan budaya yang cukup menarik dan unik," ujarnya.

Ia mencontohkan, di Sawahlunto Sinjunjung, Sumatera Barat memiliki sejarah pertambangan batu bara yang sudah ada sejak zaman penjajahan.

"Mereka mampu menggali potensi tersebut sehingga daerah itu menjadi daerah wisata tambang dan riset. Tentu itu bisa ditiru karena daerah ini, terutama Bangka Barat memiliki potensi itu," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015