Kepala Kepolisian Resor Bangka Barat,  Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Agus Siswanto mengajak warga mewaspadai kemungkinan atau potensi terjadinya bencana pada saat musim hujan.

"Saat ini sudah memasuki musim hujan yang memiliki risiko tinggi terhadap kemungkinan terjadinya banjir, angin kencang, gelombang tinggi, abrasi dan lainnya," kata Agus Siswanto di Mentok, Bangka Barat, Kamis.

Dengan adanya potensi itu, dia mengajak seluruh warga meningkatkan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi, salah satunya bencana banjir yang paling sering terjadi di daerah kepulauan tersebut.

Agus Siswanto mengingatkan seluruh masyarakat dan instansi terkait pada saat ini sudah memasuki musim hujan dan diprediksi oleh BMKG akan terjadi fenomena La Nina pada akhir 2021 sampai awal 2022.

Terjadinya fenomena tersebut akan berdampak pada kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi atau bencana akibat dari curah hujan tinggi, kelembapan, temperatur dan angin, seperti banjir rob, banjir bandang, longsor, cuaca ekstrem, kekeringan, dan kebakaran hutan atau lahan.

"Penanggulangan bencana tidak bisa hanya dilakukan pemerintah dan instansi terkait dan swasta, namun peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan dalam meminimalkan risiko," katanya.

Menurut dia, kemandirian pencegahan dan penanggulangan bencana sejalan dengan Undang Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan bencana yang menyebutkan penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah didukung partisi aktif masyarakat dan dunia usaha.

"Mari kita meningkatkan sinergi terkait dengan kesiapsiagaan demi mewujudkan budaya siaga bencana melalui rencana aksi daerah dalam pengurangan risiko bencana," kata Kapolres.

Hal ini dikatakan Agus Siswanto usai mengikuti kegiatan apel siaga dan simulasi penanggulangan bencana banjir dan kebakaran yang digelar di Lapangan Gelora Mentok.

Personel gabungan dari berbagai unsur menggelar simulasi bersama, antara lain personel Polres Bangka Barat, TNI-AD Kodim 0431/BB, Satuan Polisi Pamong Praja, Basarnas, BPBD, Senkom, Dinas Perhubungan, Unit Metalurgi PT Timah, puskesmas dan PMI.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021