Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat dua kecamatan di daerah itu sejak beberapa hari terakhir nihil kasus atau tidak ditemukan warga yang terkonfirmasi positif.

"Dua kecamatan, yaitu Kecamatan Mentok tercatat nihil kasus sejak Kamis (2/12) dan sehari berikutnya menyusul Simpangteritip juga nol kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, tidak ditemukannya kasus di dua kecamatan tersebut karena tidak ada kasus baru warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan seluruh warga yang sebelumnya menjalani isolasi sudah menyelesaikan kewajiban masa karantina dan perawatan.

"Untuk jumlah pasien isolasi di Kabupaten Bangka Barat saat ini tinggal 10 orang, berasal dari Jebus dua orang, Parittiga tiga orang, Kelapa dua dan Kecamatan Tempilang tiga orang," katanya.

Secara keseluruhan, jumlah kasus yang ditemukan selama masa pandemi sebanyak 5.633 kasus, 141 meninggal dunia, 5.482 sembuh dan 10 orang masih menjalani masa isolasi.

Meskipun jumlah kasus semakin sedikit, namun diharapkan masyarakat tetap waspada dan menjalankan protokol kesehatan secara disiplin, terutama saat beraktivitas di luar rumah.

"Saat ini kami juga sedang menggencarkan penyuluhan agar masyarakat bisa segera mendapatkan vaksinasi sebagai salah satu upaya meningkatkan kekebalan diri pribadi dan membentuk kekebalan kelompok," katanya.

Berdasarkan data terakhir, jumlah warga sasaran vaksinasi di daerah itu sebanyak 157.934 orang, yang sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama sebanyak 120.832 orang atau 76,51 persen, sedangkan penerima vaksinasi dosis dua mencapai 79.835 atau 50,55 persen.

Untuk vaksinasi dosis tiga atau "booster" kepada petugas kesehatan, dari sebanyak 1.242 sasaran, yang sudah divaksin sebanyak 1.272 orang atau 102,42 persen.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021