Sebanyak empat dari enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, per 22 Desember tercatat nol kasus warga yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Total warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 selama pandemi berlangsung di Bangka Barat tercatat sebanyak 5.640 kasus dan selama tiga hari terakhir tidak ditemukan penambahan kasus baru," kata Juru Bicara Satgas Penanagnan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan, hari ini tidak ada penambahan kasus baru warga terkonfirmasi COVID-19, dan juga tidak ada penambahan pasien selesai isolasi atau perawatan.

"Untuk jumlah pasien isolasi masih tetap empat orang, dari Kecamatan Mentok tiga orang dan Kelapa satu orang. Sedangkan empat kecamatan yang sudah nol kasus meliputi Simpangteritip, Jebus, parittiga dan Tempilang," katanya.

Berdasarkan data Satgas Penangana COVID-19 kabupaten bangka Barat, sejak pandemi sampai saat ini tercatat jumlah kasus sebanyak 5.640 kasus, 141 pasien di antaranya meninggal dunia, empat masih menjalani isolasi dan perawatan dan sebanyak 5.495 orang dinyatakan sembuh.

Untuk sebaran kasus, tertinggi ditemukan di Kecamatan Mentok 2.677 kasus, Jebus 920, Parittiga 706, Tempilang 678, Kelapa 355 dan Simpangteritip 304 kasus.

"Kita semua berupaya agar tidak terjadi penambahan kasus baru dan para pasien yang masih menjalani isolasi dan perawatan segera sembuh," ujarnya.

Meskipun jumlah kasus terus menurun, namun Putra mengingatkan agar seluruh warga di daerah itu tetap patuh menjalankan protokol kesehatan dengan ketat guna meminimalkan risiko kemungkinan terjadi penularan.

Pemkab Bangka Barat bersama Satgassus Vaksinasi COVID-19 juga terus menggencarkan serbuan vaksinasi untuk umum dan saat ini sudah mulai menjangkau kelompok umur enam hingga 11 tahun.

"Protokol kesehatan dan vaksinasi adalah kunci dalam penanganan pandemi COVID-19, mari sukseskan serbuan vaksin agar segera terbentuk kekebalan kelompok di daerah ini dan mendukung kekebalan komunal nasional," katanya.*

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021