Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menjadwalkan pada anggaran perubahan 2022 akan melakukan renovasi "Pasar Kite" Sungailiat guna memberikan rasa nyaman.

"Pada anggaran perubahan 2022, kita akan melakukan renovasi "Pasar Kite" Sungailiat guna memberikan kenyamanan pedagang dan pengunjung pasar," kata Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Rabu.

Perbaikan fisik pasar tersebut kata bupati, diutamakan pada ventilasi agar sirkulasi udara dalam pasar menjadi lancar dan perbaikan saluran sistem drainase yang tersumbat akibat sampah.

"Kami memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan pasar mencapai kurang lebih satu miliar bersumber dari dana daerah," jelasnya.

Mulkan mengatakan, selain melakukan perbaikan pihaknya juga akan melakukan penataan kios pedagang sehingga nampak lebih rapi termasuk juga peningkatan sarana kebersihan lingkungan pasar.

"Bangunan di pingir pasar yang menutupi kios pedagang kedepannya akan kita rapikan agar tidak menganggu pengunjung," ujarnya.

Mulkan minta seluruh pedagang di pasar "Kite Sungailiat" dapat memperhatikan kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan.

"Kebersihan lingkungan pasar tidak hanya memberikan kenyamanan pedagang, tetapi juga konsumen yang hendak membeli kebutuhannya," katanya.

Sementara untuk memaksimalkan pengelolaan sampah pasar kata bupati, pihaknya akan menambah jumlah petugas kebersihan khusus pasar.

"Petugas kebersihan nantinya khusus menangani wilayah pasar, kita pisahkan dengan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022