Dinas Pariwisata adan Kebudayaan kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar simulasi pelayanan kepada wisatawan yang akan menikmati ruang tata pamer sejarah kebangsaan di Pesanggrahan Menumbing.

"Simulasi ini kami lakukan sebagai persiapan agar pada saat pembukaan ruang tata pamer Pesanggrahan Menumbing yang direncanakan pada Rabu (2/2) seluruh petugas siap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengunjung," kata Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Romi'at di Mentok, Selasa.

Pada Rabu (2/2) Pemkab bangka Barat melalui dinas Pariwisata dan Kebudayaan secara resmi akan membuka ruang tata pamer Pesanggrahan Menumbing untuk umum sehingga dibutuhkan persiapan agar para petugas bisa memberikan pelayanan dengan baik, baik dalam penyampaian materi sejarah yang disajikan sesuai materi tata pamer maupun dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan COVID-19.

Baca juga: Pemkab buka ruang pamer sejarah kebangsaan di Pesanggrahan Menumbing

Sebagai langkah awal kami melibatkan para alumni Bujang Dayang Bangka Barat tahun 2021, Fara Amelia dan Muhammad Aji Saputra, mereka dilibatkan dalam pengambilan gambar untuk video simulasi yang kemudaian disebarkan untuk memberi arahan dan tata cara berkunjung ke ruang tata pamer Pesanggrahan Menumbing.

"Video simulasi ini dibuat sebagai panduan bagi pengunjung yang hendak masuk ke dalam ruang tata pamer Menumbing," ujarnya.

Disparbud Bangka Barat membuat simulasi ini sebagai persiapan menyambut kunjungan, juga sebagai panduan dan gambaran bagi pengunjung yang akan masuk ke dalam ruang tata pamer, mengingat perlunya prosedur standar bagi pengunjung dan petugas.

Romi’at menambahkan keberadaan ruang tata pamer di Pesanggrahan Menumbing merupakan salah satu upaya Pemerintah bersama BPCB Jambi dalam menambah daya tarik wisata di Pesanggrahan Menumbing yang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan nasional dan Internasional.

"Perbaikan dan penataan ruang-ruang akan terus berlanjut, begitu juga dengan pelayanan akan terus ditingkatkan demi kenyamanan pengunjung," katanya.

Disparbud Kabupaten Bangka Barat akan membuka pelayanan bagi wisatawan untuk mengunjungi ruang tata pamer, mulai Rabu (2/2).

Ruang tata pamer Pesanggrahan Menumbing menyiapkan pengalaman baru untuk pengunjung dengan menelusuri perjalanan sejarah perjuangan Kemerdekaan RI pada periode pengasingan para pemimpin RI di Mentok yang disajikan dengan media digital interaktif dan kekinian.

Kunjungan dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 15.10 WIB dengan tiket masuk ruang tata pamer sesuai Peraturan Bupati Bangka Barat Nomor 10 Tahun 2022, untuk pengunjung dewasa Rp20.000 dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022