Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung memperindah sejumlah bangunan cagar budaya yang ada di Muntok untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan kegiatan pariwisata tingkat Asia Tenggara bertajuk "Home Stay Fair 2015".

"Kami sudah melakukan pengecatan cagar budaya Pesanggrahan Menumbing dan perbaikan sejumlah fasilitas, kami harapkan ikon wisata Bangka Barat tersebut lebih layak dan menarik dikunjungi wisatawan," ujar Pamong Budaya Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Anung Yunianta, di Muntok, Rabu.

Selain Pesanggrahan menumbing, kata dia, pihaknya saat ini juga sedang melakukan pengecatan bangunan cagar budaya yang lain yaitu Rumah Mayor China dan Kelenteng Kong Fuk Miaw.

"Kami berharap dalam tiga hari ke depan, pengecatan Rumah Mayor China selesai dan bisa digunakan untuk aktivitas persiapan pelaksanaan HSF 2015," katanya.

Ia menerangkan, pengecatan bangunan cagar budaya tersebut dilakukan sesuai aturan perlakuan terhadap bangunan tua yang berlaku yaitu dengan menggunakan cat berbahan baku kapur.

"Pemilihan material cat menjadi pertimbangan penting karena kami tidak ingin upaya perawatan ini malah akan menjadikan bangunan rusah atau cepat lapuk," kata dia.    
    
Untuk bangunan cagar budaya Kelenteng Kong Fuk Miaw, kata dia, rencananya akan dilakukan pihak pengelola kelenteng.

"Pengurus menyanggupi untuk mengecat sendiri, kami hanya menyediakan kebutuhan catnya saja, kami berharap perawatan selesai tepat waktu sebelum pelaksanaan HSF yang akan digelar 11-13 September 2015," kata dia.

Menurut dia, upaya memperindah bangunan cagar budaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan kelayakan objek wisata sekaligus perawatan bangunan yang baru pertama kali dilakukan pemerintah daerah setempat.

"Kami berharap kegiatan perawatan bisa dilakukan secara berkala sehingga seluruh bangunan cagar budaya dan objek bangunan tua dan bersejarah lainnya terjaga kelestariannya," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015