Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman bersama Istri Melati Erzaldi, yang juga merupakan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Babel, mengimbau semua hotel dan restoran yang ada di Babel dapat menggunakan eco straw, guna mendukung sinergi Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI) dan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) untuk mendorong pemulihan ekonomi daerah.

"Tolong Pak Soleh buat pergub, khusus untuk produk yang ramah lingkungan, terutama eco straw. Di tahun 2023, restoran di Babel diwajibkan mengganti penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan sedotan berbahan eco straw," kata Gubernur Erzaldi, didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Babel M. Soleh, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel Tarmin AB, saat menghadiri acara "UMKM Pacak Digital Babel" di Pangkalpinang, Sabtu.

Kegiatan yang diadakan dalam rangka pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta percepatan ekosistem ekonomi keuangan digital ini, diketahui dilaksanakan untuk pertama kalinya di Babel. 

Gubernur Erzaldi sangat mengapresiasi acara ini dan berharap ke depannya akan diadakan secara rutin. Tak hanya itu saja, Gubernur Erzaldi sangat mendukung UMKM Babel, hingga menaruh perhatian besar kepada salah satu produk sedotan ramah lingkungan (eco straw) dari purun.

"Eco straw purun ini sudah dilirik orang luar. Maka dari itu, sudah seharusnya kita sebagai orang Babel yang memproduksinya, juga harus menggunakannya," ujarnya

Hal ini, senada dengan ajakan dari Melati Erzaldi, di mana kita bukan hanya sekedar bangga dengan produk buatan Indonesia, tetapi juga mengaplikasikan, menggunakan produk tersebut di kehidupan sehari-hari.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022