Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan memastikan warga di daerahnya tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat Lebaran.

"Penerapan prokes seperti memakai masker dan mencuci tangan harus dilakukan semua warga saat memeriahkan lebaran Idul Fitri yang saling berkunjung ke rumah," kata Mulkan di Sungailiat, Senin.

Penerapan prokes menjadi wajib bagi semua masyarakat tanpa terkecuali kata bupati, karena sebagai upaya dini mencegah sebaran virus corona meskipun angka sebaran menurun.

Tercatat sampai hari ini, masih terdapat tiga orang warga di Kabupaten Bangka yang diketahui positif COVID-19 dan menjalani perawatan kesehatan yakni dari Kecamatan Sungailiat dua orang dan Kecamatan Belinyu satu orang.

Enam wilayah kecamatan seperti Kecamatan Merawang, Mendo Barat, Riau Silip, Bakam, Pemali serta Kecamatan Puding Besar semuanya dinyatakan nihil kasus COVID-19.

"Masyarakat tidak boleh lengah dengan menurunnya kasus sebaran COVID-19 termasuk yang berada di wilayah kecamatan nihil kasus corona, prokes wajib diterapkan dan vaksinasi," ujar Mulkan.

Data informasi perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka selama dua tahun, terdata total kasus mencapai 12.052 orang, 11.650 orang sembuh serta 399 warga positif COVID-19 meninggal dunia.

"Bagi masyarakat di semua kelompok usia wajib vaksin yang belum memperoleh layanan vaksin satu, dua dan vaksin booster hendaknya segera mendaftar di gerai vaksin terdekat," kata Bupati.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022