Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan seluruh jamaah calon haji asal daerah itu sudah divaksinasi COVID-19 sebelum berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

"Saya memastikan seluruh jamaah calon haji yang berjumlah 112 orang sudah mendapat layanan vaksinasi COVID-19 baik dosis satu dan dua maupun vaksin booster," Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bangka Suparhun di Sungailiat, Jumat.

Selain vaksinssi COVID-19 guna meningkatkan imun tubuh jamaah calon haji, kata dia, seluruh jamaah calon haji juga diwajibkan mendapatkan layanan suntik vaksin meningitis di puskesmas terdekat.

Jamaah calon haji yang tidak mendapat vaksin COVID-19 harus mendapat surat keterangan resmi dari dokter.

"Jamaah calon haji mendapatkan layanan vaksin meningitis di puskesmas terdekat tempat tinggal jamaah," ujarnya.

Dikatakannya, 112 jamaah calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah terdiri dari 47 laki-laki dan 65 perempuan yang berasal dari tujuh wilayah kecamatan.

Masing-masing dari Kecamatan Sungailiat tercatat 57 calon haji, Pemali dua orang, Puding Besar sembilan orang, Bakam empat orang, Belinyu lima orang, Mendo Barat 18 orang, serta Merawang 17 orang.

Dia mengatakan, pemerintah Kerajaan Arab Saudi pada musim haji tahun ini tidak memberlakukan karantina bagi seluruh jamaah calon haji asal Indonesia.

"Kita berharap kondisi pandemi COVID-19 segera normal baik di Indonesia maupun di Arab Saudi sehingga tidak ada pembatasan usia jamaah calon haji yang berangkat untuk menjalankan ibadah haji," ujarnya.

Jamaah calon haji asal Kabupaten Bangka akan berangkat ke Tanah Suci Mekah pada bulan Juni 2022 melalui embarkasi Palembang Sumatera Selatan.

"Tahun ini jamaah calon haji tidak menginap di asrama haji Palembang, namun langsung diberangkatkan ke Tanah Suci Mekah karena sudah menginap di asrama haji Bangka Belitung," kata dia.*

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022