Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 109 atau seluruh jamaah calon haji di daerah itu sudah menerima dosis vaksinasi COVID-19 dosis kedua atau lengkap.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, Senin mengatakan vaksinasi dosis lengkap tersebut diberikan ke seluruh jamaah calon haji sebagai syarat keberangkatan menuju Tanah Suci guna melaksanakan ibadah haji 2022.

"Alhamdulillah, Sebanyak 109 jamaah calon haji kami sudah menerima vaksin dosis kedua atau lengkap," katanya.

Dari sebanyak 109 jamaah calon haji asal daerah itu sebanyak 107 orang diantaranya telah menerima vaksinasi dosis penguat (booster).

"Masih tersisa dua orang jamaah yang belum suntik vaksin booster, direncanakan dalam waktu dekat ini akan mengikuti vaksinasi penguat," ujarnya.

Suyanto menambahkan, selain wajib menerima vaksinasi COVID-19 dosis lengkap sebagai syarat keberangkatan, para jamaah calon haji juga wajib mengikuti vaksinasi influenza dan meningitis.

"Alhamdulillah semua calon jamaah haji sudah mengikuti vaksinasi itu (influenza dan meningitis)," katanya.

Dikatakan dia, Kabupaten Belitung mendapatkan kuota sebanyak 109 jamaah haji pada pelaksanaan haji 2022.

Kendati demikian, lanjut Suyanto, sampai saat ini pihaknya belum menerima jadwal keberangkatan jamaah calon haji dari daerah itu.

"Kami masih menunggu jadwal keberangkatan sambil mempersiapkan kebutuhan lainnya," ujar dia.

 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022