Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan meminta masyarakat tetap disiplin memakai masker meskipun pemerintah memberikan kelonggaran tidak memakainya di luar ruangan.

"Saya minta masyarakat tetap disiplin memakai masker karena manfaatnya tidak hanya mencegah sebaran infeksi COVID-19, tetapi juga mencegah dari debu dan infeksi lain," kata Mulkan di Sungailiat, Jumat.

Dia mengatakan, menjaga kesehatan harus diutamakan oleh seluruh masyarakat seperti memakai masker, menjaga lingkungan tetap bersih, pola makan yang berimbang dan cara lain yang dapat mencegah penyakit termasuk juga mengikuti gerakan vaksinasi COVID-19.

"Kita bersyukur wilayah Kabupaten Bangka sudah dinyatakan zona aman setelah tidak ditemukan kasus COVID-19," jelasnya.

Selama dua tahun sejak tahun 2020 sebaran COVID-19 di Kabupaten Bangka, kata Mulkan, jumlah kasus mencapai 12.055 kasus positif COVID-19, 11.656 pasien sembuh serta 399 pasien positif COVID-19 meninggal dunia.

"Saya ingatkan masyarakat usia wajib vaksin yang belum mendapat suntik vaksin COVID-19 baik vaksin dosis satu, dua maupun vaksin penguat hendaknya segera mendaftar di gerai vaksinssi terdekat," kata bupati.

Mulkan mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk memaksimalkan layanan vaksinasi di semua daerah tingkat kecamatan terutama layanan vaksinasi booster.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022