Muntok (Antara Babel) - PDAM Tirta Sejiran Setason Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai memproduksi air minum kemasan yang diharapkan mampu ikut meramaikan pasar dan meningkatkan pendapatan perusahaan daerah tersebut.

"Peluncuran perdana air minum kemasan berlabel Tirta Menumbing telah dilakukan kemarin. Kami berharap bisa ikut meramaikan persaingan pasar air minum kemasan di daerah," kata Direktur Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sejiran Setason, Chairul Amri Rani, di Muntok, Selasa.

Ia mengatakatan, rencana pengembangan usaha dengan memproduksi air kemasan tersebut sudah lama disusun, namun baru bisa direalisasikan tahun ini karena berbagai keterbatasan yang dimiliki PDAM sebagai perusahaan daerah.

"Setelah semua bisa diatasi kami memberanikan diri untuk meluncurkan produk tersebut. Kami berharap air kemasan ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat setempat akan terpenuhinya kebutuhan air minum berkualitas dengan harga terjangkau," kata dia.

Selain terjangkau, menurut dia, air kemasan siap minum produksi Tirta Menumbing juga telah melalui uji standar dari pihak yang berkompeten di bidangnya sehingga dijamin tingkat higienisnya.

"Kami berharap air kemasan yang diproduksi bisa memenuhi kebutuhan air minum masyarakat sekaligus bisa menambah pendapatan daerah," kata dia.

Terkait dengan ketatnya persaingan pasar, menurut Amri, pihaknya tidak memiliki kendala serius bahkan persaingan tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi manajemen untuk segera diatasi.

"Usaha ini tidak akan mematikan usaha sejenis milik warga karena secara kualitas produk Tirta Menumbing memiliki kualitas bagus dan harga cukup terjangkau," kata dia.

Dengan adanya standar kualitas Tirta Menumbing, kami mengharapkan masyarakat lebih jeli dalam memilih produk sejenis, yang pasti hadirnya air minum ini salah satunya untuk membantu mendapatkan air sehat, bersih dan berkualitas, kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015