Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI) menganugerahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan.

"Penghargaan ini diberikan karena komitmen Ketua PKK dalam menggerakkan program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (bangga kencana) di daerah masing-masing," kata Inspektur Utama BKKBN RI, Ari Dwikora Tono usai menyerahkan penghargaan MKK, di Kantor BKKBN Babel

Iamengatakan, Manggala Karya Kencana ini merupakan penghargaan tertinggi dari kepala BKKBN kepada kepala daerah atas prestasi yang menonjol dan komitmen serta kepemimpinannya dalam menggerakkan program bangga kencana untuk terwujudnya keluarga berkualitas dan penduduk tumbuh seimbang.

"Ibu Ketua TP PKK Kabupaten Bangka sebagai wakil ketua TPPS kabupaten, diharapkan dapat mengawal percepatan penurunan stunting serta bersinergi dengan seluruh lintas sektor agar memprioritaskan program dan kegiatan daerah sebagai upaya percepatan penurunan stunting," ujarnya.

Dengan memprioritaskan program yang ada, diharapkan angka prevalensi stunting Kabupaten Bangka sebesar 17,5 persen (ssgi tahun 2021) dapat diturunkan menjadi 9,61 persen  pada tahun 2024," ujarnya.

Ia menjelaskan, sesuai amanat undang- undang nomor 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, BKKBN tidak hanya bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan program KB nasional tetapi juga dalam penyerasian kebijakan pengendalian penduduk.

"Untuk itu diperlukan langkah-langkah konkrit penyerasian kebijakan dengan program pembangunan di segala bidang, baik aspek kuantitas, kualitas dan pengarahan mobilitas serta persebaran penduduk sesuai dengan daya dukung alam dan daya tampung disetiap wilayah," ujarnya.

Ketua TP PKK Bangka, Yusmiati Mulkan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan ini, menurutnya penghargaan ini buah jerih payah semua lapisan masyarakat, khususnya pengurus dan kader PKK yang selalu bersinergi melaksanakan program PKK dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan program bangga kencana.

"Penghargaan ini motivasi lebih bagi kami guna mendorong lebih giat dalam upaya menurunkan dan mencegah stunting di Kabupaten Bangka," ujarnya.*

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022