Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi), bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar lomba cipta menu makanan anak usia dini dan menghias tumpeng.

"Tujuan kita menggelar lomba cipta menu pangan dengan melibatkan para pendidik Anak usia dini ini untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik dalam menstimulasi tumbuh kembang anak," kata Ketua PW Himpaudi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Djamilah di Pangkalpinang, Kamis.

Djamilah mengatakan, tujuan lain dalam perlombaan tersebut untuk menurunkan angka stunting di Kepulauan Babel serta memasyarakatkan anak agar gemar makan makanan berbahan dasar ikan.

"Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-17 Himpaudi Babel dan HUT ke-77 Republik Indonesia," ujarnya.

Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Babel, Sri Utami Soedarsono Djamaluddin, membuka secara resmi Lomba cipta menu pangan dan menghias tumpeng  yang disertai kegiatan kolase, senam gemar makan ikan (Gemari) dan makan bersama 300 Anak Usia Dini dari 30 Lembaga PAUD yang berasal dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Bangka tengah.

Sri Utami Djamaluddin yang juga Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Babel menegaskan, lomba cipta menu pangan ini untuk melatih Ibu-ibu agar dapat membuat menu makanan anak berbahan dasar ikan, bergizi sehat, lengkap, seimbang, dan aman.

Anak-anak PAUD yang hadir juga berkontribusi untuk menentukan pemenang lomba cipta menu pangan, dengan memakan menu tersebut. Salah satu yang menjadi penilaian adalah memastikan Anak-anak mau memakan menu tersebut, karena yang dinilai bukan hanya tampilannya.

"Melalui lomba ini juga InsyaAllah kedepannya saya mau membuat buku menu makanan sebagai acuan Ibu-Ibu memasak macam-macam menu makanan anak yang berbahan dasar ikan yang akan di sebarkan ke semua Lembaga PAUD di Kepulauan Babel," ujarnya.

Sri Utami Djamaluddin juga menyampaikan perlombaan cipta menu pangan dan nasi tumpeng ini adalah pesta seluruh rakyat, baik itu anak-anak PAUD, anak di panti asuhan, dan mereka yang ada di panti jompo. 
Himpunan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi), bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar lomba cipta menu makanan anak usia dini dan menghias tumpeng. (ANTARA/ Elza Elvia)


Dalam lomba menghias tumpeng ada yang berbeda dari biasanya, karena tumpeng yang telah selesai di lombakan langsung diberikan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), panti jompo, dan panti asuhan yang telah di data untuk menerimanya.

"Dengan begitu kita semua berbahagia bersama-sama melaksanakan pesta rakyat Dirgahayu yang ke-77 Indonesia, melalui lomba ini di harapkan menjadi wahana pembelajaran dan mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih sedap, menarik, dan tidak membosankan," ujarnya.

Pemenang dari Lomba cipta menu pangan adalah :
Juara I PAUD Pelita Hati
Juara II PAUD Nusa Indah
Juara III PAUD Azizah
Juara Harapan I PAUD Tamasha Falaq
Juara Harapan II PAUD Mutiara Hikmah
Juara Harapan III PAUD An-Nur.

Pemenang Lomba Menghias Tumpeng :
Juara I Bhayangkari Bangka Tengah
Juara II TP PKK Kabupaten Bangka Barat
Juara III Dinas Kesehatan Babel
Juara Harapan I Dapur Kite PGK 
Juara Harapan II Bhayangkari Bangka Selatan
Juara Harapan III Bhayangkari Polda Kepulauan Babel

Tiga juri yang berkontribusi dalam memberi penilaian dalam perlombaan ini adalah ahli gizi dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, ahli boga yang juga dosen dari ITB dan Ketua DWP Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Turut hadir dalam acara tersebut, Istri Sekretaris daerah Babel, Istri Kapolda Kepulauan Babel, Istri Komandan Lanud, Istri Direktur Utama (Dirut) PT. Timah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Babel, Istri Bupati Bangka Barat, dan Istri Walikota Pangkalpinang.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022