Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng pihak Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, untuk meningkatkan prestasi atlet dan kepelatihan.

"Kita sudah teken perjanjian kerja sama dan sama-sama berkomitmen untuk meningkatkan prestasi atlet dan memajukan olahraga Belitung Timur," kata Ketua KONI Belitung Timur, Kamarudin di Manggar, Minggu.

KONI Belitung Timur dalam waktu dekat segara mengirim atlet dan pelatih untuk dibina di UPI Bandung dan kerja sama tersebut juga bagian tindak lanjut dari kerja sama bidang pendidikan antara Pemkab Belitung Timur dengan UPI Bandung yang sudah terjalin sejak 2020.

"Kerja sama ini bukan hanya atlet dan pelatih saja yang diuntungkan, namun juga untuk kemajuan pendidikan. Apalagi UPI Bandung banyak menerima mahasiswa berprestasi baik di bidang olahraga maupun akademik," katanya.

Sebelumnya Ketua Prodi Kepelatihan Fisik dan Olahraga Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan (FPOK) UPI Bandung, Allen Rismayadi mengatakan perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut MoU antara bupati setempat dan Rektor UPI pada 2020.

"Kabupaten Belitung Timur merupakan daerah pertama di Sumatera yang melakukan Kerjasama dengan FPOK UPI," katanya.

Allen mengatakan lingkup kerja sama meliputi tiga bidang yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan tridharama perguruan tinggi.

"Di bidang pendidikan termasuk di dalamnya penerimaan mahasiswa dari Beltiung Timur. Bidang penelitian, dosen UPI melakukan riset ke Belitung Timur sedangkan bidang pengabdian pelaksanan KKN, PPL dan kegiatan yang berhubungan langsung untuk masyarakat," ujarnya.

Khusus untuk kemajuan olahraga, kata dia, dengan adanya kerja sama ini maka KONI bisa mengirimkan atlet dan pelatih untuk dilatih atau dididik di UPI.

"Bisa juga sebaliknya nanti dosen kita yang terbang ke sini. Untuk anggaran kita bagi-bagi karena ini kerja sama, baik dari UPI maupun KONI,” ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022