Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan sebanyak 100 set alat pelindung diri (APD) untuk pekerja konstruksi.

"Bantuan APD pekerja berupa helm proyek, rompi keamanan, tali silang dan sarung tangan ini kami salurkan kepada empat perusahaan jasa konstruksi," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pangkalpinang Agus Theodorus Parulian Marpaung di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan, APD sangat dibutuhkan untuk melindungi diri dari kemungkinan terjadinya cedera pada saat bekerja, terutama bagi pekerja berisiko tinggi.

Bantuan tersebut disalurkan kepada empat perusahaan, yaitu Bangka Cakra Karya, Jasa Indo Jaya, Stanindo Inti Perkasa dan Lembawa Indah Makmur.

"Ini merupakan salah satu bentuk promosi dan pencegahan yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja," katanya.

Menurut dia, pemberian bantuan seperti itu merupakan program rutin setiap tahun sebagai bentuk peran BPJS Ketenagakerjaan dalam meningkatkan kemampuan peserta dalam mencegah risiko-risiko pekerjaan yang dapat terjadi.

"Program promosi dan pencegahan ini adalah salah satu contoh program kerja rutin tahunan kami. Pada tahun lalu kami juga membagikan APD dan multivitamin kepada peserta karena merupakan puncak dari pandemi COVID-19, sedangkan tahun ini kami berikan bantuan APD untuk pekerja konstruksi," katanya.

Selain menyerahkan paket APD jasa konstruksi, BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang juga menyosialisasikan program jaminan sosial ketenagakerjaan dan mendapatkan sambutan baik dari perusahaan.

"Dari tahun ke tahun beragam program bantuan diberikan kepada para peserta BPJS Ketenagakerjaan sebagai salah satu bentuk perhatian BPJS Ketenagakerjaan. Kami berharap kegiatan berlangsung secara kesinambungan dan bermanfaat bagi pekerja dan perusahaan pemberi kerja," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022