Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono, menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada nelayan di Kabupaten Bangka Barat. Penyerahan kartu peserta dilaksanakan di Kampung Nelayan Kelurahan Tanjung, Kamis, 20 Oktober 2022.

Para nelayan ini terdaftar ke dalam program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian dengan segmentasi pekerja Mandiri atau pekerja Bukan Penerima Upah (BPU).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang, Agus Theodorus Parulian Marpaung yang lebih akrab di panggil Theo ini mengatakan, penyerahan kartu peserta ini menjadi bukti keseriusan Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam memastikan perlindungan seluruh masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan di Kabupaten Bangka Barat untuk memastikan perlindungan sebelum melaut.

“Hari ini kami bersama Menteri Kelautan dan Perikanan menyerahkan kartu peserta kepada nelayan Bangka Barat sebagai wujud keseriusan dalam memastikan perlindungan kepada nelayan sebelum melaut,” katanya.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan Kementerian KKP dan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dalam memastikan dalam memberikan perlindungan paripurna bagi seluruh nelayan yang ada di Kabupaten Bangka Barat.

“Besar harapan kami selanjutnya dengan telah diserahkan kartu peserta bagi nelayan dapat membuka tambahan ruang bagi BP Jamsostek untuk memberikan serta memastikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi seluruh profesi baik dalam segmentasi Penerima Upah dan Bukan Penerima Upah di lingkup Kabupaten Bangka Barat," ungkapnya.

Theo juga tak lupa mengajak seluruh pekerja di Kabupaten Bangka Barat agar dapat secara sadar mendaftarkan dirinya ke dalam program Jaminan Sosial Ketenagkerjaan, agar masyarakat pekerja di Kabupaten Bangka Barat dapat bekerja dengan tenang.

“Sehingga dapat lebih produktif dan sejahtera,” kata Theo.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022