Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka ruang diskusi terbuka dengan warga di warung kopi untuk menyikapi perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah itu.

Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo di Mentok, Rabu, mengatakan, untuk langkah awal, pihaknya menggelar beberapa kali dialog di wilayah Kecamatan Mentok, seperti pada akhir pekan lalu yang dilaksanakan di salah satu warung kopi di kawasan Terminal Mentok.

"Hari ini di warung kopi di jalan menuju Pelabuhan Tanjungkalian. Pada kesempatan seperti ini kita berbincang langsung dengan warga untuk mendengar berbagai masukan sekaligus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada warga," katanya.

Menurut dia, kesempatan bertemu langsung dengan warga di lokasi itu merupakan salah satu cara untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat.

Dengan cara tersebut, diharapkan akan terjalin kerja sama yang baik antara kepolisian dengan masyarakat sehingga akan memudahkan dalam menjaga situasi kamtibmas.

Selain itu, melalui pendekatan yang baik juga akan memudahkan para personel dalam menyampaikan pesan-pesan pembinaan, penyuluhan dan edukasi agar warga semakin patuh terhadap berbagai aturan sehingga bisa meminimalkan kemungkinan terjadinya pelanggaran.

"Kami juga ingin mengeratkan tali silaturahim, memberikan rasa aman dan nyaman, sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri," ujarnya.

Pada kesempatan itu, AKBP Catur bersama sejumlah pejabat di lingkungan Polres Bangka Barat juga menyampaikan imbauan kamtibmas, tertib lalu lintas dan upaya mencegah perkembangan paham radikal di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat.

"Kami akan terus melanjutkan kegiatan seperti ini secara berkala karena dengan ngopi bersama, suasana menjadi santai dan mudah kita berbaur di tengah warga," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Irwan Arfa


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022