Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya mengoptimalkan peran Unit Pelayanan Terpadu Daerah Rumah Kemasan dan Promosi untuk meningkatkan daya saing berbagai produk usaha mikro, kecil dan menengah.

"Kami secara berkala menggelar berbagai kegiatan pelatihan dan edukasi agar para pelaku industri kecil dan menengah (IKM), dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah terbantu dalam pemasaran produk," kata Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Disperindag Provinsi Babel Yossie Riestu Pradhifta di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengharapkan, berbagai pelatihan dan fasilitasi yang dilaksanakan selama ini dapat membantu pelaku IKM dan UMKM dalam meningkatkan jangkauan pemasaran produk, baik melalui pasar langsung maupun dalam jaringan.

"Sebagai UPTD Rumah Promosi dan Kemasan, kami memberikan pengetahuan terkait kemasan produk agar bisa tampil menarik dan sesuai ketentuan, sekaligus memberikan wawasan agar para pelaku usaha mampu memanfaatkan peluang pasar," katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pemahaman keberadaan UPTD Rumah Promosi dan Kemasan yang selalu siap memberikan pelayanan kepada para pelaku IKM dan UMKM.

"Kami ingin para pelaku IKM dan UMKM semakin meningkatkan kualitas kemasan sehingga dapat menunjang kebutuhan pasar. Mereka juga kami berikan pelatihan agar dapat memperluas jangkauan produk melalui pasar daring," katanya.

Pola pelatihan dengan melibatkan para pelaku usaha dan industri ini rutin dilaksanakan, terakhir di Kabupaten Bangka tengah dengan melibatkan 40 pelaku IKM dan UMKM dengan mengambil tema Bikin Tambah Cuan.

"Kegiatan ini kami gelar dua hari, 15 dan 16 November 2022, untuk membantu para peserta dalam meningkatkan kualitas kemasan, merk dagang, kesesuaian bahan, teknik produksi dan pemasaran dalam jaringan agar lebih efektif dan efisien," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022