Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan siap membantu memasarkan berbagai produk usaha kecil dan menengah yang sedang tumbuh di daerah itu.

"Kami bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Bangka Barat siap membantu memasarkan berbagai produk usaha yang sedang tumbuh, seperti yang sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Bangka Barat, Herzon di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, bantuan pemasaran kepada pelaku usaha kecil dan menengah dilakukan dengan pola memajang produk tersebut di dalam kios yang dikelola Dekranasda kabupaten setempat.

Herzon menerankan Pemkab selama ini bekerja sama dengan Dekranasda menyalurkan produk kerajinan di Galeri Dekranasda yang terletak di ruang tunggu Pelabuhan Tanjungkalian, Pesanggrahan Menumbing dan di Pasar Muntok.

"Kami juga menjalin kerja sama dengan Koperasi Warga Peltim untuk memasarkan produk tersebut," kata dia.

Ia menambahkan, untuk mengenalkan berbagai produk UKM lokal ke pasar yang lebih luas, pihaknya juga selalu membawa berbagai macam produk dalam setiap pameran yang diikuti di tingkat nasional.

"Berbagai upaya tersebut kami harapkan mampu memperluas jaringan pasar sekaligus meningkatkan pemasaran produk UKM daerah.

Selain membantu pemsaran, kata dia, para perajin yang sudah tumbuh juga mendapatkan pendampingan usaha agar mampu meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

"Persaingan pasar semakin ketat, perajin dituntut lebih kreatif dan memperhatikan beberapa sisi produksi agar usaha yang dijalankan bisa terus berkembang," kata dia.

Ia berharap campur tangan pemerintah setempat yang sudah dan akan dilaksanakan mampu menambah daya saing UKM lokal sekaligus meningkatkan daya baca peluang para perajin sesuai kebutuhan pasar yang terus berkembang.

"Potensi sumber daya alam cukup melimpah yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber bahan baku UKM, kami yakin jika usaha kerajinan dan usaha kecil lain digeluti sungguh-sungguh akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus membuka lapangan kerja baru," kata dia. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016