Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meresmikan perubahan nama Rumah Sakit Pratama (RSP) di Kecamatan Namang, menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Ir.H.Ibnu Saleh, MM.

"Rumah sakit ini sudah resmi beroperasi sejak April 2022, kemudian dengan berbagai pertimbangan dan juga sudah mendapat izin dari pihak keluarga maka nama rumah sakit ini yang sebelumnya RSP kami ubah menjadi RSUD Dr.Ir.H.Ibnu Saleh, MM," kata Bupati Bangka Tengah, saat meresmikan pergantian nama rumah sakit tersebut di Desa Namang, Rabu.

Bupati menjelaskan, menyematkan nama Ibnu Saleh untuk nama rumah sakit adalah sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan dedikasi yang bersangkutan semasa hidupnya menjadi Bupati Bangka Tengah.

"Beliau sudah mengabdi sejak 2003, semua pikiran dan energi dicurahkan untuk Bangka Tengah hingga akhir hayatnya," ujar bupati.

Ibnu Saleh merupakan Bupati Bangka Tengah periode 2015-2020. Sebelumnya yang bersangkutan menjabat sebagai wakil bupati berpasangan dengan Erzaldi Rosman Djohan.

Namun pada 2017, Ibnu Saleh resmi dilantik menjadi bupati karena Erzaldi Rosman Djohan terpilih menjadi Gubernur Babel.

Ibnu Saleh meninggal dunia pada 2020 karena terpapar virus COVID-19. Mantan Sekda Kabupaten Bangka Tengah itu wafat saat dirinya sudah resmi kembali mencalonkan diri maju dalam Pilkada 2020 berpasangan dengan Herry Erfian.

"Bapak Ibnu Saleh orang yang sangat berjasa dan subangsihnya di bidang kesehatan sangat besar, termasuk pembangunan rumah sakit ini merupakan gagasan dari beliau," kata Algafry Rahman.

Pembangunan RSP yang sekarang sudah resmi menjadi RSUD Ibnu Saleh ini dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan dengan masyarakat.

"RSUD Ibnu Saleh ini bisa menjangkau pelayanan kesehatan untuk warga di Kecamatan Namang, Simpangkatis dan Kecamatan Sungaiselan," ujar bupati.

Bupati yang akrap disapa Bang Ayi ini mengatakan, bahwa pemerintah daerah berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan pelayanan kesehatan sehingga bisa dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan nama yang baru ini tentu saya berharap nama dan jasa Ibnu Saleh selalu dikenang sepanjang masa sebagai sosok yang peduli terhadap dunia kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022