Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan anggaran Rp10 miliar untuk peningkatan pembangunan infrastruktur jalan menuju objek wisata Open Pit di Kecamatan Kelapa Sampit.

"Pembangunan akses jalan menuju kawasan wisata tersebut kita mulai pada 2023," kata Bupati Belitung Timur, Burhanuddin di Manggar, Kamis.

Burhanuddin menjelaskan anggaran sebesar Rp10 miliar itu bersumber dari APBN melalui Kementerian PUPR yang langsung ditransfer ke rekening daerah.

Pemkab Belitung Timur mendapatkan kucuran dana tersebut sebagai bentuk apresiasi Kementerian PUPR atas keberhasilan Dinas PUPR Belitung Timur mendapatkan Juara I tingkat nasional dalam penilaian kinerja pemerintah daerah bidang kebinamargaan kategori pemerintah kabupaten tahun 2022.

"Bonus berupa kucuran dana Rp10 miliar ini digunakan untuk memperbaiki insfrastruktur jalan dan kami pergunakan untuk peningkatan pembangunan akses jalan menuju objek wisata Open Pit," kata bupati.

Bupati memberikan apresiasi atas kinerja Dinas PUPR Belitung Timur yang dinilai baik dan meminta terus dipertahankan serta ditingkatkan.

Penghargaan itu juga diharapkan dapat motivasi pegawai di Dinas PUPR Belitung Timur dalam meningkatkan dan mempertahankan kinerja mereka.

Dalam kesempatan ini, Aan, panggilan akrab bupati mengatakan bahwa penghargaan kinerja pemerintah daerah bidang kebinamargaan baru dimulai pada 2021.

"Di Provinsi Kepulauan Babel baru dua kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan, yakni Kabupaten Belitung Juara III pada 2021 dan Kabupaten Belitung Timur Juara I pada 2022," jelas Aan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Belitung Timur Idwan Fikri mengatakan penilaian untuk kabupaten itu sangat besar karena regulasi, dedikasi dan inovasi layanan yang dilaksanakan Dinas PUPR Kabupaten Belitung Timur.

"Pertama dari regulasi, untuk setiap pembangunan jalan kita selalu ada Surat Keputusan dan berdasarkan Forum Lalu Lintas. Bukan hanya dari survei saja, namun juga hasil dari kolaborasi dengan OPD lainnya sehingga penetapan pembangunan prioritas jalan dilaksanakan sesuai aturan,” jelas Idwan.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022