Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak warga ikut berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Tahun Baru 2023.

"Mari kita memaknai pergantian tahun ini dengan bijaksana, tidak perlu menggelar pesta atau perayaan secara berlebih," kata Wakapolres Bangka Barat Kompol Andri Eko Setiawan di Mentok, Selasa.

Menurut dia, warga bisa mengambil peran partisipasi menjaga kamtibmas dengan melakukan antisipasi dini kemungkinan terjadinya tindak pidana di lingkungan masing-masing.

Kepedulian terhadap perkembangan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar dan menjalin komunikasi dengan personel bhabinkamtibmas akan sangat membantu dalam mewujudkan situasi kondusif dan produktif.

"Kami dari pihak Kepolisian juga akan berupaya mewujudkan situasi kondusif melalui Operasi Lilin Menumbing yang digelar hingga awal Januari 2023," ujarnya.

Dalam melaksanakan operasi rutin tahunan ini, pihaknya melakukan upaya pelayanan dan pengamanan bagi seluruh warga, pelaku perjalanan dan umat Kristiani yang menjalankan ibadah Natal dan tahun baru,

Pada masa pergantian tahun, kata dia, Polres Bangka Barat juga mengerahkan ratusan personel untuk mengawal agar pergantian tahun berjalan dengan damai, aman, tertib dan nyaman.

"Kami melarang perayaan pergantian tahun ini diisi dengan pesta narkotika dalam bentuk apapun, juga pesta minuman beralkohol, baik di tempat terbuka maupun tertutup," katanya.

Selain itu, Polres Bangka Barat juga melakukan pengawasan dan pengendalian bahan peledak komersial sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 17 tahun 2017 terkait perijinan, pengamanan, pengawasan dan pengendalian bahan peledak komersial.

Dalam aturan itu dijelaskan adanya larangan menyalakan kembang api, petasan dan sejenisnya pada lokasi peribadatan, perumahan atau pemukiman, rumah sakit, sekolah, bandara, terminal/stasiun/pelabuhan, pusat perbelanjaan, bank, perkantoran pemerintah/swasta dan jalan raya.

"Kami mengimbau masyarakat mematuhi aturan ini dan kami akan melakukan pengawasan ketat sebagai bentuk kepedulian Polri dalam hal ini Polres Bangka Barat terhadap keamanan, ketertiban dan kenyamanan pada masa pergantian tahun," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022