Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menetapkan189 calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 yang berhasil lulus mengikuti tahapan tes wawancara.

"Sebanyak 189 dari 379 peserta dinyatakan lulus dan mereka akan dilantik sebagai anggota PPS yang dijadwalkan pada 24 Januari 2023," kata Ketua KPU Bangka Tengah Rusdi di Koba, Minggu.

Rusdi menjelaskan 189 orang dinyatakan lulus itu setelah mengikuti beberapa rangkaian tes, yaitu seleksi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara.

"Total pelamar awalnya sebanyak 526 orang, setelah diseleksi maka ditetapkan sebanyak 189 peserta yang berhasil lulus mengikuti semua tahapan tes," katanya.

Baca juga: KPU Bangka Barat: Anggota PPS 36,4 persen perempuan

Pihak KPU Bangka Tengah membutuhkan sebanyak 189 anggota PPS Pemilu 2024 yang akan bertugas menyelenggarakan tahapan pemilu pada setiap desa/kelurahan.

"Kami mengambil tiga terbaik untuk jadi anggota PPS pada setiap desa/kelurahan dengan total sebanyak 189 orang," kata Rusdi.

Rusdi mengatakan masa kerja sebanyak 189 anggota PPS tersebut terhitung pada 24 Januari 2023 sampai 4 April 2024.

Baca juga: KPU Bangka Barat: 387 calon anggota PPS ikuti tes wawancara

"Rekrutmen anggota PPS kami lakukan dengan sangat ketat dan profesional, untuk mendapatkan penyelenggara yang berintegritas," katanya.

Rusdi memastikan bahwa rekrutmen calon anggota PPS berjalan sesuai aturan dan mereka yang terpilih benar-benar mampu bekerja secara tim dan tidak terlibat dalam politik praktis.

"Sebelumnya kami sudah meminta pendapat publik terkait rekam jejak calon anggota PPS dan ini bentuk transparansi kami, juga bentuk komitmen kami dalam mendapatkan tenaga yang mampu bekerja profesional tanpa ada kepentingan politik," katanya.

Baca juga: KPU Bangka Tengah tetapkan 379 pelamar PPS ikuti tes wawancara

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023