Badan Pusat Statistik menggelar diskusi kelompok terfokus membahas penyusunan Publikasi Kabupaten Belitung Timur dalam Angka 2023.

"Seluruh data dari organisasi perangkat daerah di Kabupaten Belitung Timur sesuai verifikasi dan dalam waktu dekat kami akan merilis Publikasi Belitung Timur dalam Angka 2023," kata Kepala BPS Belitung Timur Azhar di Manggar, Rabu.

Azhar mengatakan penyusunan Publikasi Belitung Timur dalam angka dikerjakan jauh lebih cepat dan pihaknya dalam waktu dekat segera merilisnya.

"Biasanya pada Agustus setiap tahunnya namun sejak 2020 kami kerjakan lebih cepat, sehingga bisa kami rilis lebih cepat," katanya.

Percepatan pengerjaan ini, menurut Azhar, supaya data yang disajikan dalam publikasi dapat menunjang kegiatan perencanaan di pemerintah daerah yang biasanya dilakukan pada triwulan pertama setiap tahunnya.

"Meski dipercepat kita tetap menyajikan data statistik sesuai empat prinsip, yakni memenuhi standar data, memiliki meta data, memiliki referensi atau data induk dan introperabilitas untuk kemudahan pengguna data,” jelas Azhar.

Azhar yang didampingi oleh Kepala Seksi Integrasi Pengolahan Diseminiasi Statistik Roni menambahkan kegiatan penyusunan publikasi belitung timur dalam angka melibatkan 50 orang, baik dari OPD di Pemkab Belitung Timur, instansi vertikal dan BPS.

"Dalam diskusi ini juga kami kan menyosialisasikan peningkatan data statistik baik dasar maupun struktural, agar ke depan ditindaklanjuti dengan melakukan pembinaan secara bertahap kepada OPD dalam upaya perbaikan tata kelola data,” ujar Azhar.

Publikasi Belitung Timur dalam Angka, kata dia, merupakan rangkuman data baik yang bersumber data dasar dari BPS maupun data statistik sektoral yang berasal dari OPD maupun instansi vertikal lainnya di daerah ini.

"Publikasi ini mencerminkan bagaimana perkembangan wilayah dengan data yang disajikan di dalamnya," tutup Azhar.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023