Pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebuah aplikasi khusus berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan donor darah.

"Kita segera siapkan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat mendapatkan bantuan donor darah bagi anggota keluarga atau pasien yang membutuhkan transfusi darah dengan cepat," kata Ketua PMI Kabupaten Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Rabu.

Bong Ming Ming yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Bupati Bangka Barat tersebut menjelaskan aplikasi ini penting untuk memberikan kemudahan kepada keluarga pasien, pihak rumah sakit yang membutuhkan donor darah cepat dan masyarakat yang ingin mendonorkan darah.

Baca juga: PMI Bangka Barat mengajak sekolah aktifkan PMR

Selain berisi informasi ketersediaan darah di PMI Bangka Barat, dalam aplikasi tersebut juga akan disertakan informasi nomor telepon masyarakat (pendonor) yang mudah dihubungi disertai keterangan jenis golongan darah.

"Kita juga akan jadikan aplikasi tersebut sebagai pusat informasi, sosialisasi dan edukasi agar kepedulian masyarakat terhadap donor darah semakin meningkat," katanya.

PMI Bangka Barat juga sedang menyusun rencana untuk membentuk kepengurusan PMI di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa dengan melibatkan camat dan kepala desa untuk memudahkan gerak organisasi dalam membantu berbagai tugas kemanusiaan yang diemban PMI.

Baca juga: PMI Bangka Barat bentuk kader dan relawan ditingkat desa

Keberadaan posko di setiap kecamatan dan desa diharapkan dapat memudahkan gerak PMI dalam menghimpun warga yang siap menjadi pendonor darah.

"Dengan gerakan bersama seperti itu, kita bisa lebih mudah dan fokus untuk bekerja, kita juga bisa mudah mendata golongan darah masyarakat di setiap desanya, dan juga bisa membantu pasokan ketersediaan darah untuk PMI Bangka Barat," katanya.

Keberadaan posko PMI di tingkat desa dan kecamatan diharapkan bisa membantu berbagai upaya gerakan kemanusiaan, membangun kepedulian sosial dan program lain sesuai dengan tugas dan fungsi PMI.

Baca juga: Sambut hari Bhakti: Imigrasi Kemenkumham Babel gelar donor darah

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023