Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung Festival Ramadhan oleh masyarakat Air Ruay Bangka guna melestarikan tradisi budaya menyambut bulan suci.

"Festival Ramadhan perlu dilestarikan selain bentuk suka cita umat Muslim menyambut bulan suci Ramadhan, melalui budaya ini pula dapat menjadi sarana bersilaturahmi," kata Staf Ahli Bupati Bangka bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Boy Yandra melalui keterangan yang diterima di Sungailiat, Jumat petang.

Pemerintah Kabupaten Bangka mendukung tradisi Festival Ramadhan termasuk pula tradisi budaya lain yang lestarikan masyarakat.

Baca juga: Food Milenial Festival Vol. 6 Kembali Digelar, 150 UMKM Ambil Bagian

Dia menganggap festival Ramadhan salah satu upaya masyarakat Muslim menggali potensi Islamiyah dan mensyiarkan agama Islam lebih luas dengan mengedepankan tali persaudaraan.

"Salah satu dukungan yang diberikan, kami berusaha  membantu menambah bantuan anggaran untuk kegiatan yang sama pada tahun depan," kata Boy Yandra.

Boy Yandra melihat melalui festival Ramadhan yang diselenggarakan oleh pengurus Masjid Al Muhajirin Airruai Pemali, tidak hanya dihadiri ratusan umat Muslim di lingkungan setempat melainkan juga terdapat jamaah dari luar Kabupaten Bangka seperti dari  Bangka Tengah dan Bangka Selatan.

Baca juga: Himpaudi Babel libatkan ratusan anak dan orang tua di festival lomba menggambar dan mewarnai

"Datangnya jamaah dari luar Kabupaten Bangka membuktikan festival Ramadhan mampu mempererat tali silaturahmi antar umat Muslim meskipun berasal dari luar daerah," ujar dia.

Dia berharap tahun depan, kegiatan serupa dapat diselenggarakan lebih meriah dan dihadiri dengan jumlah jamaah lebih banyak.

"Saya sarankan budaya festival Ramadhan harus dijaga kelestarian oleh umat Muslim, jangan sampai luntur oleh perkembangan zaman," ujarnya.

Baca juga: Festival Cap Go Meh jaga rasa kebersamaan masyarakat Belitung

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023