Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan bangka Belitung, mematangkan persiapan pengamanan untuk mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan sukses, lancar, aman dan tertib.

"Tahapan Pemilu 2024 terus berjalan, seiring dengan itu kami juga melakukan berbagai persiapan agar para personel semakin siap dan matang dalam menjalankan tugas pengamanan, salah satunya dengan menggelar latihan pengendalian massa secara berkala," kata Kepala Satuan Samapta Polres Bangka Barat Iptu Diki Zulkarnain di Mentok, Sabtu.

Menurut dia, latihan pengendalian massa ini dilakukan agar para personel yang akan bertugas dalam pengamanan pemilu semakin siap dan terampil menjalankan tugas dan fungsi dalam pengawalan pesta demokrasi nanti.

Baca juga: Polres Pangkalpinang kawal ketat rapat pleno pemilu tingkat provinsi

"Kita lakukan simulasi beberapa pola pengamanan dan pengendalian massa, baik yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu tameng dan tongkat maupun pemanfaatan kendaraan bermotor," katanya.

Para peserta latihan memperagakan gerakan dasar pengendalian massa lengkap dengan tameng dan tongkat Polri, dilanjutkan peragaan formasi pengendalian massa awal hingga tahap lanjut.

Kegiatan yang digelar dengan melibatkan seluruh anggota Samapta Polres Bangka Barat ini agar para personel yang akan terlibat semakin siap mengamankan rangkaian tahapan pemilu.

Baca juga: 118 personel Polres Pangkalpinang amankan rapat pleno pemilu

"Saat ini kita perbanyak pola latihan simulasi penanganan situasi pemilu dalam eskalasi tertentu. Semakin banyak berlatih, maka para personel akan semakin siap dalam menghadapi segala situasi," katanya.

Menurut dia, tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024 secara resmi telah ditetapkan pemerintah melalui Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022, penerbitan peraturan itu sudah cukup jelas tidak akan ada penundaan pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami berharap masyarakat semakin bijaksana dalam menyikapi pelaksanaan pemilu dan tidak mudah terpancing isu yang tidak benar sehingga kita bisa bersama-sama mengawal pelaksanaan pemilu agar berjalan aman, tertib, lancar, demokratis dan sesuai aturan yang ada," katanya.

Baca juga: Polri-TNI jaga ketat pleno rekapitulasi Pemilu 2019 di Bangka Barat

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023