Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memutuskan kembali melaksanakan kegiatan pawai takbir keliling guna merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Kami memutuskan kembali untuk melaksanakan pawai takbir keliling pada momentum Idul Fitri 1444 Hijriah," kata Sekretaris Daerah Belitung MZ Hendra Caya usai memimpin rapat Persiapan Bulan Ramadhan, Penetapan Zakat Fitrah dan Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi di Tanjung Pandan, Senin.

Ia mengatakan selama tiga tahun terakhir kegiatan pawai takbir keliling di daerah itu tidak dilaksanakan guna mengantisipasi penularan COVID-19.

"Kita ketahui bersama bahwa selama tiga tahun lalu pawai takbir keliling tidak bisa dilaksanakan guna mengantisipasi penularan COVID-19," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Belitung tiadakan pawai takbir keliling Idul Fitri

Menurutnya, berdasarkan masukan dan saran dari peserta rapat kegiatan pelaksanaan takbir keliling Idul Fitri 1444 Hijriah dapat dilaksanakan.

"Takbir keliling kami laksanakan guna memeriahkan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah dengan pertimbangan salah satunya adalah pandemi yang melandai," katanya.

Ia menambahkan pelaksanaan pawai takbir keliling Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah itu akan dilaksanakan pada Jumat (21/4) mendatang.

Baca juga: Pemkab Bangka Tengah larang takbir keliling

"Namun untuk lebih pastinya kami akan tetap menunggu keputusan pemerintah terkait penetapan Idul Fitri 1444 Hijriah," ujarnya.

Dia mengatakan rute pawai takbir keliling Idul Fitri 1444 Hijriah di daerah itu dari start halaman Gedung Nasional - Jalan Yos Sudarso - Jalan Siburik Barat - Jalan Depati Gegedek - Jalan Kemuning - Jalan Pattimura - Jalan Gatot Subroto - Jalan Sijuk - Jalan Kerjan - Jalan Hasan Saie - Jalan Sudirman - Jalan Gaparman - Jalan Ahmad Yani - Jalan Diponegoro - Jalan Sriwijaya - Jalan Merdeka dan finish di halaman Gedung Nasional.

"Koordinator pawai takbir keliling Idul Fitri 1444 Hijriah nanti adalah Dinas Perhubungan Belitung dengan tetap berkoordinasi dengan pihak lain," katanya.

Baca juga: Polisi Bangka nyatakan tidak ada takbir keliling di pusat ibu kota Sungailiat

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023