.Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memfasilitasi para kontraktor lokal untuk mendapatkan permodalan melalui kredit usaha rayat (KUR) di lembaga perbankan.

"Kita siap menjembatani dan memfasilitasi para pelaku usaha maupun kontraktor lokal untuk mendapatkan pinjaman modal usaha di lembaga perbankan," kata Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar di Manggar, Selasa.

Khairil mengatakan pihaknya membantu kontraktor untuk mendapatkan KUR sebagai bentuk kolaborasi, baik dari pemerintah daerah, pengusaha lokal maupun lembaga perbankan untuk menunjang pembangunan daerah.

Baca juga: Bank Sumsel Babel targetkan penyaluran KUR Rp100 miliar

"Kontraktor kita terbantu di permodalan, pembangunan fisik kita lancar dan perputaran uang di masyarakat juga meningkat,” ujar Khairil.

Apalagi kata Khairil saat ini banyak program KUR yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha. Bahkan khusus untuk kredit modal konstruksi di Bank Sumsel Babel, kontraktor bisa mengajukan pinjaman hingga Rp500 juta.

"Itu untuk satu proyek atau borongan saja. Jadi sepanjang itu untuk pembangunan dan kemajuan sektor usaha, kita siap membantu,” kata Khairil.    

Baca juga: Bangka Tengah galakkan program KUR Selawang Segantang

Para pengusaha konstruksi di Kabupaten Belitung Timur menyambut baik adanya program KUR untuk jasa konstruksi dari Bank Sumsel Babel Cabang Manggar. Hanya saja, mereka berharap persyaratan agunan untuk proyek di bawah Rp200 juta ditiadakan.

Harapan ini disampaikan melalui salah seorang perwakilan kontraktor di Kabupaten Belitung Timur Iwan Efendi saat sosialisasi pembiayaan kredit modal kerja konstruksi pemerintah.

"Intinya kita menyambut baik adanya program ini, hanya saja kalau bisa syarat harus ada agunan untuk peminjaman di bawah Rp200 juta itu dihapuskan,” kata Iwan.

Baca juga: Perum Pegadaian siapkan dana KUR Rp10 miliar untuk UMKM Belitung Timur

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023