Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan berkeyakinan Pasar Ramadhan yang menjual beraneka menu berbuka puasa mampu membantu meningkatkan pendapat ekonomi pelaku usaha masyarakat.

Pasar Ramadhan menjadi tradisi musiman setiap bulan Ramadhan bagi pelaku usaha olahan menawarkan berbagai jenis makanan olahan berbuka puasa bagi umat Islam.

"Pasar Ramadhan yang diikuti puluhan pedagang makanan selama kurang lebih satu bulan ke depan mampu membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," jelas Mulkan saat membuka secara resmi Pasar Ramadhan di lingkungan halaman Stadion Orom Sungailiat, Kamis.

Dia menyarankan pedagang yang menjual aneka makanan buka puasa, hendaknya harus mengutamakan makanan yang sehat, tetap menjaga ketertiban dan kebersihan.

Penyelenggara Pasar Ramadhan 1444 Hijriah dari Yayasan Alhidayah Cenderawasih (YAC) Yudi Sulaiman mengatakan Bazar Ramadhan yang dipusatkan di lahan parkir stadion Orom Sungailiat merupakan yang kedua kali setelah lahan bazar yang sebelumnya dipergunakan pedagang digunakan pemerintah untuk pengembangan Puskesmas.

"Meskipun area pasar Ramadhan dialihkan ke lahan parkir stadion Orom, tetapi tidak mengurangi antusias pedagang atau masyarakat untuk berkunjung, karena berada di area strategis yang mudah dijangkau" kata dia.

Terdata jumlah pedagang jajanan di pasar Ramadhan mencapai 60 orang, jumlah tersebut diprediksi masih akan bertambah selama bulan Ramadhan.

Selama Ramadhan terdapat berapa titik pasar Ramadhan yang di buka oleh masyarakat di Kabupaten Bangka.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023