Muntok (Antara Babel) - Dua Sekolah Menengah Atas (SMA) Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada awal April 2016.

"Dua unit sekolah, masing-masing SMK Negeri l Muntok dan SMA Negeri l Muntok sudah siap menggelar UNBK yang akan dilaksanakan bersamaan dengan jadwal Ujian Nasional (UN) yaitu mulai 4 hingga 6 April 2016," kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat Rukiman di Muntok, Kamis.

Rukiman mengatakan dua sekolah tersebut telah menyiapkan fasilitas pendukung pelaksanaan UNBK seperti ketersediaan perangkat komputer, pembagian kelas, jaringan lokal dan internet sesuai dengan ketentuan.

Masing-masing sekolah sudah menyiapkan 60 unit komputer yang akan dibagi menjadi dua lokal, jumlah tersebut sesuai kebutuhan jumlah siswa peserta UNBK.

"Untuk SMK N I Muntok akan diikuti sebanyak 160 peserta sedangkan SMAN I Muntok sebanyak 133 siswa," katanya.

Saat ini pihak sekolah sedang menyusun pembagian kelompok peserta sekaligus jadwal masuk ruang ujian agar pada pelaksanaannya seluruh siswa bisa mengikuti UNBK dengan baik.

Selain itu, pihak sekolah bersama Dinas Dikpora sudah beberapa kali melakukan uji coba perangkat dan selama ini tidak mengalami kendala yang berarti.

"Secara keseluruhan perangkat sudah siap, kami harapkan pada saat pelaksanaan ujian nanti tidak mengalami kendala sehingga peserta bisa melaksanakan ujian dengan baik dan sukses," kata dia. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016