Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyiapkan satu unit dapur umum untuk membantu para pemudik yang sedang mengantre di kawasan Pelabuhan Tanjungkalian agar mendapatkan makanan berbuka puasa.

"Seperti tahun lalu, kita pada pelayanan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah ini juga akan mendirikan satu unit dapur umum," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa.

Dapur umum tersebut didirikan untuk menyediakan menu makan berbuka puasa bagi para pemudik yang menunggu jadwal pemberangkatan kapal feri di Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kata dia, banyak sopir dan kondektur atau kernet truk angkutan barang yang menunggu jadwal pemberangkatan sampai berhari-hari.

Pada masa mudik Lebaran, Pemerintah Pusat melakukan kebijakan untuk mendahulukan atau memprioritaskan pelayanan penyeberangan terhadap para pelaku perjalanan mudik dan kendaraan angkutan bahan pokok dan barang penting, sedangkan untuk kendaraan atau truk barang harus menunggu selama beberapa hari karena kuota untuk kendaraan barang hanya sedikit dalam setiap pelayanan penyeberangan.

"Tahun lalu bahkan sempat beberapa sopir dan kondektur truk angkutan barang yang terpaksa tidak makan atau sehari makan sekali karena bekal habis. Ini menjadi salah satu pertimbangan kita untuk berusaha agar bisa mendirikan dapur umum di lokasi itu," katanya.

Bong Ming Ming juga telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk mendirikan tenda darurat dan penyediaan berbagai peralatan dapur umum di lokasi itu pada masa pelayanan mudik Lebaran.

"Kami juga akan berkoordinasi dengan Pemprov Babel agar menyisihkan anggaran untuk penyediaan bahan makanan untuk keperluan tersebut," katanya.

Menurut dia, pelayanan arus mudik di Pelabuhan Tanjungkalian tersebut sebenarnya merupakan tanggung jawab Pemprov Babel bersama PT ASDP, namun karena pelabuhan itu berada di wilayah Kabupaten Bangka Barat maka mau tidak mau pemkab perlu memberikan pelayanan terbaik kepada para pelaku perjalanan.

"Ini salah satu bentuk sumbangsih dan kepedulian Pemkab Bangka Barat untuk membantu kelancaran perjalanan para pemudik dan berharap menjadi ladang pahala bagi para petugas yang setiap hari memberikan pelayanan di lokasi tersebut," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023