Tim Pengendali Inflasi Daerah kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pemantauan harga dan stok berbagai bahan pangan pokok di Pasar Mentok menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Hari ini, kita lakukan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan di Pasar Mentok bersama Satgas Pangan Bangka Barat untuk mengetahui kondisi terkini berbagai komoditas bahan pokok dan bahan penting lainnya," kata Ketua TPID Kabupaten Bangka Barat Muhammad Soleh di Mentok, Babel, Rabu.

Menurut dia, dari hasil pemantauan yang dilakukan tersebut, untuk harga dan ketersediaan berbagai bahan pangan dan bahan pening di Pasar Mentok masih dalam kondisi aman.

"Kita mengecek harga pangan, daging, telur, dan beras juga, Alhamdulillah sampai saat ini harga masih stabil dan sudah kita tanyakan tadi untuk stok mendekati Lebaran juga stabil," kata Soleh.

Pemkab bangka Barat akan membantu para pedagang di pasar jika mengalami kendala dalam distribusi stok guna menjaga kestabilan harga pangan jelang lebaran.

Pihaknya juga akan terus melakukan pemantauan secara berkala di seluruh pasar yang ada di daerah itu dan di tingkat distributor, agen, toko agar bisa dilakukan tindakan cepat dan tepat jika terjadi kendala distribusi atau ketersediaan berkurang.

"Kami juga menyampaikan kepada para pedagang apabila ada hambatan, misalnya pada saat terjadi kenaikan karena masalah distribusi, maka akan kita koordinasikan ke pihak ASDP. Terus apa masalahnya kenaikan harga, kalau itu karena harga akan kita cari jalan keluarnya," katanya.

Menurut dia, harga berbagai bahan pokok dan barang penting lain di daerah itu masih stabil karena ketersediaan masih mencukupi dan proses distribusi lancar.

Turut hadir pada inspeksi di Pasar Mentok itu, antara lain Ketua Satgas Pangan Bangka Barat, Ketua Tim Informasi dan Komunikasi BPOM Pangkalpinang, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian, Dinas Pertanian dan Pangan, Disperkimhub dan unsur terkait lainnya.

Untuk harga kebutuhan pokok di Pasar Mentok, yaitu beras premium dijual dengan harga rata-rata Rp13.000/kilogram, gula pasir Rp14.167/kg, minyak goreng Rp17.000/liter, daging sapi Rp150.000/kg, daging ayam Rp35.000/kg, bawang merah Rp40.000/kg, dan bawang putih Rp20.000/kg.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023