Petugas Polisi Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pemantauan sejumlah objek wisata pantai untuk memberikan rasa aman kepada para wisatawan yang berekreasi pada masa libur Lebaran (Idul Fitri) 1444 hijriah.

"Masa libur setelah Hari Raya Idul Fitri biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata, kami berupaya memberikan pelayanan dan pengamanan bagi warga yang sedang berwisata di sejumlah pantai yang biasa dipadati pengunjung agar mereka merasa aman, nyaman dan juga menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kepala Satuan Polair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, beberapa objek wisata pantai yang berada di wilayah Mentok dan selama ini menjadi tujuan utama para wisatawan, antara lain Pantai Asmara, pantai Tanjungkalian, Pantai Baru dan Pantai Baturakit selalu dipenuhi wisatawan saat hari libur.

"Pemantauan dan pengawasan ini kami lakukan untuk memberikan perlindungan bagi wisatawan dan warga yang biasa beraktivitas di lokasi itu," katanya.

Dalam pengawasan tersebut, personel bersama petugas memberikan arahan bagi para pengunjung untuk selalu berhati-hati dan waspada agar tidak terjadi kecelakaan saat berwisata atau mandi di pantai itu.

"Ini juga bagian dari Operasi Ketupat Menumbing 2023," ujarnya.

Selain melakukan pemantauan dan pengawasan, para personel juga melakukan pembinaan, penyuluhan, dan penjagaan pantai agar para pengunjung terhindar dari hal-hal yang tidak diharapkan.

Ia mengimbau agar para pengunjung saat mandi di pantai tidak terlalu ke tengah karena arus berbahaya, serta dilarang berenang di area yang terpasang zona rawan kecelakaan di perairan.

Bagi keluarga yang membawa anak kecil diminta agar selalu mendampingi dan mengawasi aktivitas mereka guna menjaga keselamatan bersama.

"Tetap waspada, meskipun angin dan ombak cukup tenang, namun arus air tidak bisa diprediksi dan bisa membahayakan keselamatan," demikian Sugiyanto.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023