Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengecekan kesehatan terhadap 114 calon jamaah haji (calhaj).

"Sebanyak 114 calhaj dinyatakan bugar dan layak berangkat menunaikan ibadah haji," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Bangka Tengah Zulyan di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, sebanyak 114 calhaj dilakukan beberapa pengecekan kesehatan, di antaranya tensi dan jantung.

"Calhaj juga diminta lintasan sepanjang 1,6 kilometer dan semuanya dinyatakan bugar untuk melakukan rangkaian haji," ujarnya.

Zulyan mengatakan, dari pemeriksaan kebugaraan, semua calhaj dinyatakan layak berangkat dan tidak ada yang gagal dalam melaksanakan tes kebugaran.

"Ada dua metode yang kita gunakan, pertama untuk calhaj yang sehat dan fit, maka tes dilakukan dengan lari atau jalan cepat sepanjang 1,6 kilometer dan bagi yang kesulitan seperti yang menggunakan tongkat, kita tes dengan jalan santai selama enam menit," jelasnya.

Ia menjelaskan, rentang usia calhaj yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini yaitu 40 hingga 70 tahun.

"Tadi ada satu calhaj yang usianya 45 tahun mampu jalan cepat atau lari 1,6 kilometer dalam waktu tujuh menit dan dinyatakan bugar," ujarnya.

Sasi, calhaj yang usianya sudah 71 tahun mengatakan, dirinya  sangat bersyukur dan senang bisa segera menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah.

"Sudah beberapa kali ditunda, alhamdulillah kepastian berangkat sudah ada, saya dalam keadaan sehat dan tentu mohon doa keluarga untuk bisa menjalankan rangkaian haji," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023