Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemuda Pancasila (PP) Cabang Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan kerja bakti membersihkan sampah yang kini banyak menumpuk di jalan pasca banjir.

"Demi kenyamanan masyarakat dan agar Kota Pangkalpinang lebih bersih, kita gelar kegiatan bakti sosial membersihkan sampah pasca banjir," ujar Ketua PP Pangkalpinang, Tomo Yuda Prawira, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa daerah yang terkena banjir dan masih menyisakan sampah dari rumah tangga yang hanyut.

"Kegiatan difokuskan di beberapa titik yaitu Kelurahan Pasir Putih, Sumberjo, Parit Lalang dan Kampung Bintang," ujarnya.

Selain membersihkan sampah yang berada di sisi jalan, pihaknya juga membersihkan sampah di sungai sebagai penangulangan agar banjir tidak lagi terjadi.

"Kegiatan ini  adalah tindakan nyata sebagai kepedulian dari para pemuda guna menanggulangi terjadinya banjir," jelas dia.

Ia mengatakan, belakangan ini terjadi polemik dan saling menyalahkan di sosmed soal penangan banjir.

Menurutndia, polemik itu berujung saling hujat dan merasa benar sendiri tapi tak ada satu pun yang bertindak nyata.

"Kami dari PP ingin aksi yang dilakukan akan diikuti pihak lainnya berbuat hal-hal untuk mengantisipasi jangan sampai keadaan memperparah saat banjir datang," katanya.

Ia berharap, warga dan pemuda yang tidak terkena banjir dapat membantu membersihkan sampah di Pangkalpinang bersama-sama.

"Untuk menjaga kota dari sampah, membutuhkan semua peran masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Septi Artiana

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016